Sunday, May 22, 2011

Indonesian: friendly and willing to help :)

Bukan bermaksud untuk generalisasi, tapi dalam beberapa hal mendesak, di Jakarta ini masih banyak orang-orang baik yang mau membantu. contohnya yang hari ini gw alamin dan kejadian yang sama beberapa waktu lalu..

Hari ini gw janjian sama temen, Ditra buat minjem lensa kameranya dia, dan kita janjian ketemuan di Citos, setelah sebelumnya batal ketemuan di gereja. Pas banget sampe Citos, yak bb gw mati baterenya abis. gimana nih tau mau ketemuan dimana. oke, langkah pertama yang gw lakukan biasanya kalo BB mati adalah mencari toko handphone untuk basa-basi dan minjem charger BB sama penjaga toko (it worked 2 times before). Kata tukang parkir ada Welcomm Shop di lantai 2. Oke, langsung kesana dan pas sampai sana, semua pramuniaga lagi melayani pengunjung yang mau beli dan rame. Hmm, timingnya gak pas, apalagi gw cuma mau minjem chargeran, bukan mau beli barang.

Langkah selanjutnya keluar toko, liat ada stand ValueTV kalo ga salah, jadi kaya promo TV kabel buat di Macbook dan perangkat portable lain. Gw liat mbak-mbaknya lagi bbman nih, oke lancarkan aksi. Pura-pura ambil brosur yang dikasih mbaknya langsung tanya:"Mbak bawa chargeran BB gak?" Dan mbaknya langsung tanya BBnya apa, ternyata BB dia javelin,beda chargeran. Hm, tapiii ada laptop disitu dan ada kabel BB nyolok,kata mbaknya coba disitu bisa gak mbak, dianterin deh sama dia terus ditungguin sampe bisa..dan akhirnya nyala tapi baru screen dan sinyalnya masih off. udah ada 2 sms masuk, salah satu dari Ditra bilang di lobi aja ketemuannya. langsung gw bales, tapi belum centang karena belum aktif sinyalnya dan baterenya masih kosong. oke saatnya nunggu dan ngobrol-ngobrol sama mbaknya tentang si Value TV ini.. boleh juga,tapi sayangnya gw gak sebutuh itu sama produknya..tunggu tunggu,ko ga isi-isi ya baterenya,kayanya rusak nih chargeran. yaudah akhirnya setelah udh sok akrab sama 3 penjaga stand, gw bilang makasih banyak dan langsung ke lobi,kali si Ditra udh nungguin. Dan,, tidak ada! Gw udah mulai mikir, jangan-jangan dia udah sampe terus pulang lagi...

Eh ada Timezone deket lobi, langsung gw masuk dan tanya mbak-mbak kasir kalo ada chargeran BB. Nihil. Keluar lagi celingak celinguk di lobi, gak ada juga si Ditra.

Next step: Information centre. Langsung tembak tanya: mas,mas ada charger BB gak? Dan masnya bilang :yah saya gak pake BB mbak.(gaenak juga gw jadinya). Terus gw bilang makasih dan gw curhat dan dia minta maaf karena ga punya chargeran BB. (tuh kan bahkan dia minta maaf,harusnya kan gw yg minta maaf krn ngerepotin,,). Tapi terus dia nanya SIMcard gw apa, kalo CDMA mungkin bisa pake hapenya dia. Tapi krn GSM,dia minta maaf (lagi) karena hp nya dia cuma bisa CDMA. Terus si mas informasi diam bentar, terus nyamperin satpam yang lagi jaga. Akhirnya satpam itu dtg ke tempat gw nunggu dan ketawa2 terus tunjuk tunjukan sama satpam lain. Ternyata si satpam mikir dibecandain sama mas2 informasi kirain dia yang mau minjem jadi gak dia kasih, akhirnya si mas2 informasi nunjuk gw dan kayakny nyeritain kemalangan gw mau janjian tp hp nya mati, dan si satpam langsung percaya dan nanya nomor yg gw tuju apa dan gw bilang XL. terus dia bilang dia pake M3. which is mahal kalo ke XL. terus dia diam bentar, dan gak lama kasih hapenya ke gw:
Satpam: " Gak papa mbak pake aja, telpon aja temennya."
gw: "Bener nih pak gak papa?tar saya bayar ya pulsa yang saya pake,makasih banyak pak"
Satpam: " Gapapa mbak pake aja gausah bayar, nanti siapa tau saya juga bisa ngalamin kejadian kaya mbak gini.. Pake aja mbak sms nelpon juga gapapa" (empati bener nih satpam,terharu!*lebay hehe)
gw: "Oh gitu pak iya makasih banyak yak pak,beneran makasih.

Langsung gw telpon si Ditra,dan VOICEMAIL! dungdingdangdung.. oke gw sms langsung, terus gw ke satpam bilang makasih dan masih tunggu balesan. Si satpam nyuruh gw pegang hp nya aja dulu dan dia jalan ke depan untuk jaga lagi. terus diem2 gw kabur bawa hapenya,,hehehe gak deng! terus gak lama si Ditra bales bilang kalo dia udah di lobi juga, gw celingak celinguk dan akhirnya ketemu juga!
Terus ngobrol bentar dan transaksi pinjam lensa pun terjadi, dan gw menyadari hp satpam masih di tangan, terus gw balikin ke satpamnya sambil sangat berterima kasih dan si Ditra ngetawain. Dasar.
Dan pada akhirnyay gw senyumin semua satpam disitu yang kayanya udah tau kisah gw sampe minjem hape si Sabi (satpam bijak,hehe) Dengan ucapan terima kasih sekali lagi sama mas2 informasi (which is harusnya gw nanya nama dia sama si satpam siapa biar enak bilang makasihnya) dan gw tutup perjumpaan ini dengan senyum ke satpam sambil menuruni tangga ke parkiran.

Gw juga jadi inget kejadian yang sama dimana hp gw mati sesaat sampai di mall dimana lagi nunggu balesan lokasi temen gw janjian dimana. Dan gw biasanya ke toko hape curhat agak panik (hehe) terus berniat numpang charger sebentar. And what I've got: chargeran dan ngobrol-ngobrol, bisa tentang aplikasi BB sampe fitur-fitur yang gw gak tau bisa diubah settingannya buat hemat batere hehehe.

Well, I'm proud of this Indonesian culture,friendly to people or stranger and willing to help IF they're being asked. or in some cases even if they're not being asked. And as return, of course we need to help other people/stranger if we're being asked kindly especially in urgent situation. :)

No comments: